Lowongan Kerja Online

Nabi Adam dan Qabil (untuk anak-anak)


Tidak lama setelah Nabi Adam dan Hawa tinggal bersama di bumi, Hawa merasakan sesuatu yang aneh pada tubuhnya.. Perutnya membesar.

Ow Ow.. Apa yang terjadi pada Hawa?

Awalnya Nabi Adam dan Hawa ketakutan. Hal ini belum pernah terjadi pada Hawa di surga. Untungnya Allah swt segera mengirimkan malaikat Jibril untuk memberitahu bahwa Hawa baik-baik saja. Ia hanya sedang mengandung.

Setelah 9 bulan .. “Oa..Oa.. Oa..” dua bayi kembar lahir dari rahim Hawa. Bayi laki-laki yang tampan dan bayi perempuan yang sangat cantik. Nabi Adam menamai mereka Qabil dan Iqlima.

Beberapa tahun kemudian Hawa melahirkan lagi.  Lagi-lagi dua bayi kembar. Laki-laki dan Perempuan. Dua adik bayi ini diberi nama Habil dan Labuda.

Saat Qabil, Habil, Iqlima dan Labuda telah dewasa, Nabi Adam mendapat petunjuk dari Allah untuk menikahkan mereka berempat.

Qabil dinikahkan dengan adik perempuannya Labuda. Sedang Iqlima dinikahkan dengan adik laki-lakinya, Habil.

“Uh! Aku tidak setuju!” protes Qabil pada Nabi Adam. “Aku maunya menikah dengan Iqlima!” Qabil memang telah lama menyukai Iqlima yang berwajah lebih cantik dari Labuda.

“Tapi, ini perintah dari Allah,” jelas Nabi Adam.

Huh! Qabil meninggalkan Nabi Adam dengan jengkel. Untuk menenangkan hatinya yang sedang dibakar amarah.

“Ha ha Ha.. Kasihan sekali kau Qabil!” Iblis tiba-tiba menampakan diri dihadapan Qabil. 

“Siapa kau!” Teriak Qabil terkejut.

“Aku..” Iblis tesenyum licik. “Kau tidak perlu tahu siapa aku. Namun aku sangat kenal dengan ayah ibumu.”

“Bagaimanapun kau memohon pada ayahmu.. kau tidak akan mendapatkan Iqlima sampai kau membunuh Habil dan membawa Iqlima kabur..” Iblis berusaha menghasut Qabil agar melakukan perbuatan keji.

Dengan wajah kecut Qabil meninggalkan Iblis. Hati Qabil berkata bahwa apa yang dikatakan Iblis adalah salah.. tapi..

Hmm.. diam-diam usul Iblis terngiang-ngiang dalam kepala Qabil.

Sebenarnya, sebagai ayah, Nabi Adam selalu berusaha bertindak adil dan tidak memilah-milih siapa yang paling disayangi.

Hanya saja, Qabil sering ena tegur Nabi Adam lantaran sering berleha-leha saat bekerja,  sering berbuat kasar pada saudara lainnya, dan sering bermalas-malasan saat diperintahkan untuk ibadah.

Mempertimbangkan kemarahan Qabil saat dijodohkan dengan Labuda, Nabi Adam meminta petunjuk kepada Allah agar diberi solusi yang lebih adil.

Akhirnya, dibuatlan sebuah perlombaan antar Qabil dan Habil. Keduanya diminta untuk menyerahkan sebuah qurban untuk Allah swt. Siapa yang qurbannya diterima oleh Allah, maka dia lah yang akan menikah dengan Iqlima.

Qabil yang pemalas menyediakan qurban asal-asalan. Sedang Habil yang terbiasa rajin berusaha memberikan Qurban yang terbaik pada Allah swt .

Alhasil, qurban Habil lah yang Allah terima..

Arrgh..! Betapa marahnya Qabil!

Saat Nabi Adam tidak ada, Qabil memukuli Habil hingga meninggal.

“Oh tidak!” ucap Qabil kebingungan. “Apa yang harus aku lakukan dengan tubuh Habil.. “

Allah memberi petunjuk pada Qabil dengan mengirimkan seekor gagak yang terbang mendekati mayat Habil. Gagak itu mematuk-matuk tanah dengan paruhnya.

Oh.. Qabil mendapat ide. Tubuh Habil pun dikubur dalam tanah.

Namun, meski tubuh Habil telah dikubur, ia kebingungan harus berkata apa pada Ayah Adam dan Bunda Hawa.

Teringat pada ucapan Iblis, Qabil memutuskan untuk menculik Iqlima dan membawanya ke tempat yang jauuuuh dari rumah Ayah Adam dan Bunda Hawa.

Betapa sedihnya Nabi Adam dan Hawa saat mengetahui apa yang telah dilakukan  Qabil.  Mereka berharap, Qabil dapat bertaubat dan tidak mengulangi perbuatannya.

Dari kejauhan Iblis tertawa terpingkal-pingkal. Hatinya sangat girang. Sudah dua kesalahan besar yang dilakukan Adam dan keturunannya.. Iblis pun bersiap-siap menyesatkan anak cucu Nabi Adam lainnya.

by:Intan Permata
the end sementara



2 komentar

bagus sekali, kisah awal memakai sudut pandang kehamilan pertama manusia :)

Reply

ya.. karena mungkin jarang terpikirkan oleh kita.. tapi sebagai makhluk asing di bumi, Nabi Adam as dan Hawa pastinya selalu dikejutkan oleh hal-hal yang kita anggap wajar..

mungkin, untuk pertama kalinya mereka ingin buang air juga adalah petualangan yang aneh.. :D

Reply

Posting Komentar

komentar di sini: